Pengikut

Rabu, 02 Oktober 2019

Misteri Malam Jum'at Kliwon


Hihihihhh.. hati-hati di belakangmu! Saya sarankan baca ini jangan sendiri apalagi sedang sepi di malam hari.

Ingat horor malam Jum'at Kliwon!

Mungkin bagi sebagian orang ada yang sangat percaya, ada pula yang menganggapnya biasa saja, namun masyarakat Jawa memiliki pandangan berbeda terkait kekeramatan malam Jum'at Kliwon. Masyarakat Jawa Tengah ada yang lebih percaya kalau malam Jum'at Wage adalah hari yang dikeramatkan, sedangkan masyarakat Yogyakarta lebih percaya kalau Selasa Kliwon itu hari yang keramat selain Jum'at Kliwon. Kepercayaan tersebut dikaitkan dengan kebudayaan Jawa yang menempatkan Kliwon sebagai tanda keangkeran.

Aku pernah tahu penanggalan serta rasi bintang yang kakek aku wariskan. Sedikit mewartakan, beliau itu seorang tokoh masyarakat di kampungku yang sering dipercaya untuk menentukan tanggal pernikahan, khitanan dan hajat-hajat lainnya. Ini pesan beliau yang aku ingat sampai sekarang, "amati Rabu Pahing, Kamis Pon dan Jum'at Wage! Pasti mendung terus."

Percaya tidak percaya, obrolannya tidak meleset. Aku juga pernah diberitahu soal hari sial, hari terlarang dan masih banyak lagi yang aku enggan simak. Sumpah aku tidak mengerti dan juga kurang paham bahasa sunda yang buhun (kuno).

Oke lupakan itu!

Balik lagi ke malam Jum'at Kliwon di mana hal janggal pernah aku alami sendiri malah beberapa kali. Aku kurang tahu pasti ini masuknya takhayul atau apa, yang jelas aku pernah merasakannya dengan indera tubuhku.

Pertama, dulu pas pulang sekolah kebetulan di jalan sudah maghrib. Karena daerah aku masuk ke perkampungan gitu jadi masih banyak pohon-pohon rindang di sekitar jalan. Jarak dari rumah blok A ke blok B juga lumayan berjauhan. Sampai di suatu titik tempat lampu pertigaan jalan menyala, aku dan mama mencium bau busuk yang sangat menyengat. Waktu itu mama sengaja jemput pakai motor jadi mempermudah untuk berhenti sejenak untuk mencari tahu bau busuk yang menyengat itu.

Aneh dan sadar kita langsung melaju kencang. Katanya itu bau makhluk yang bernama.. p o c o n g. Omaigat serem juga. Alhamdulilah enggak pernah ketemu sama wujudnya dan tidak pernah mau ketemu.

Kedua, hal yang sama pula, tapi kali ini sekitar jam 8 malam aku pergi ke warung dan di depan rumah itu semerbak bau bunga menyengat pula. Harum bunga kopi dan melati seolah bercampur menggelitik hati. Aishh.. jangan tanya lagi betapa dalam sekejap bulu kuduk mendadak berdiri.

Terus ketiga, dulu pas masih SD ada orang yang meninggal di desa sebelah tepat di malam Jum'at Kliwon.



Orang-orang yang melayat pun ramai banget dan satu per satu menaruh sesaji di pinggir kuburan orang tersebut. Usut punya usut yang mati pada malam Jum'at Kliwon kuburannya harus ditunggui dan diberi sesaji supaya tidak digali hewan buas dan dimanfaatkan orang untuk ilmu hitam.

Konon, Jum'at Kliwon merupakan malam yang punya kekuatan magis. Kata orang malam itu sering digunakan orang untuk mengambil tali pocong dan dijadikan bahan kekuatan ilmu hitam.

Pamor hari tersebut sudah terlanjur dikenal luas. Lantas, apa yang membuat orang Jawa menganggap bahwa malam Jumat sangat dekat dengan hal-hal berbau gaib? Dan ternyata hal-hal mistis telah jadi bagian dari masyarakat Indonesia.

16 komentar:

  1. aishhhh... untung bacanya siang wkwk

    BalasHapus
  2. Memang sebagian benar. Klo wafat dihari2 tertentu, makamnya hrs dijaga. Biar aman dri oknum2 yg mencari ilmu hita. Terutama di daerah2 yg masih kental mistisnya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt kak, sempet heran juga apa urusannya, tp drioada mempermasalahkan hak cipta leluhur mensing kita hormati saja apa yang telah ada

      Hapus
  3. Bener kata Kak Fathin, dibeberapa daerah tertentu sampai berhari-hari dijaga karena meninggal dihari keramat. Kalau di Semarang Jumat Kliwon jadi semacam hari pasaran yang penting, orang-orang ziarah kubur lelulur, nggak boleh dagang...dan masih banyak yang melakukannya.😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata bukan hanya di daerahku saja ya yang mengeramatkan malam itu

      Hapus
  4. Padahal kalah malam jumat itu dalam islam adalah hal ya baik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaps betul, kita disunnahkan untuk beberapa itikad seperti membaca yassin

      Hapus
  5. Ternyata sudah tidak asing lagi ya hal ini hihi

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah setelah beranjak dewasa saya tidak mempercayainya hehe

    BalasHapus
  7. Rada ngeri emang malam Jumat Kliwon. Btw, aku dulu sering bgt ngerasa kalo hari Jumat adalah hari sialku

    BalasHapus
  8. Hei.. andaaaah, aku bacanya malam Jum'at jam stngh 2 malam👻👻👻

    BalasHapus

Ulasan Cerpen Cerita Remaja

ULASAN CERPEN Titik Buta karya Mgal Orientasi Cerpen yang berjudul Titik Buta ini adalah sebuah karya dari MGal dan berhasil tembus...