Pengikut

Senin, 07 Oktober 2019

Ciri-ciri Toxic People

Hati-hati! Kenali temanmu lebih dalam!

Seperti sebuah prakata, orang yang paling berpotensi besar menghancurkan kita adalah orang yang paling dekat dengan kehidupan kita. Diam-diam ramah ternyata ujungnya tampakan amarah. Pura-pura setuju, eh, parahnya menusuk dari belakang. Atau diam-diam hilang, tapi sayang? Eaa..

Kita tidak pernah tahu selama ini kita ditipu, diperdaya dan dimanfaatkan semena-mena. Yang kita tahu mereka selalu mendengarkan, memperhatikan serta memperlakukan peran sesuai aturan pertemanan. Di zaman sekarang tidak gampang mendapatkan seorang yang benar-benar dianggap sebagai sahabat. Bukan hanya sebatas teman musiman yang gampang terlupakan.

Tapi mau bagaimana lagi, siklus hidup mengarahkan kata teman pada arti berlawanan. Kita yakin tak sedikit orang di sekeliling kita akan datang di saat butuhnya saja. Kalau enggak butuh ya lenyap entah ke mana. Mereka datang waktu kita berada di posisi paling atas, kemudian mereka hilang saat kita terpuruk rendah.

Benar tidak?

Beginilah akhir zaman. Kebanyakan manusia pakai topeng agar terlihat sama. Orang berbeda bakal dihina akibat beda kasta.



Berikut ini sifat toxic people yang harus kita hindari :

1. Suka menyindir

"Wajar aja.. dia kan anak istimewa."

"Istimewa dari mana, yang ada racun dunia."

Nah, dalam satu hal ini perempuan ahlinya. Bukan berarti laki-laki tidak melakukan, hanya saja kaum mereka lebih jarang mengerjakan hal-hal kurang berguna. Mereka menganggap sindir-menyindir hanya akan menurunkan harga dirinya sebagai lelaki. Berbeda dengan mulut perempuan yang menomorsatukan pembicaraan.

2. Tidak bisa dipercaya

Sama pula dengan yang pertama, sifat toxic people ini sering dilakukan oleh para perempuan. Contohnya, apabila kita mempercayakan suatu rahasia yang harus sangat dijaga, maka toxic people akan senantiasa membuat gosip ria di belakang kita.

Miris sekali dunia pertemanan ini.

3. Iri hati

Yang ketiga ini biasanya diperlihatkan secara tidak langsung oleh toxic people. Mereka yang iri dengki selalu melebih-lebihkan perkataan walau kenyataannya tidak seperti itu.

4. Membanggakan diri sendiri

Tanpa disadari, toxic people lumrahnya selalu membicarakan diri sendiri. Lebih ke membanggakan diri, paras, materi dan yang lainnya. Mungkin mereka merasa dirinya lah yang lebih handal, pintar dan cemerlang dari orang lain. Istilahnya "sok sok-an". Padahal di atas langit masih ada langit.

Ingat itu sobat!

5. Tidak pernah memikirkan perasaan orang lain

The last but not least.. sifat ke lima ini lebih mengarah dalam egosentris manusia. Kebanyakan toxic people lakukan adalah untuk kepentingan dirinya saja. Sisanya mereka tak mengindahkan. Asalkan hasrat mereka terpenuhi, maka sudah tak ada lagi kata peduli pada orang-orang di sekitarnya.

"They don't care about you. They just want your fame or your intelligence. Even, mereka cuma melampiaskan kesusahannya sama lo dan mereka pergi ketika kesenangannya sudah kembali."



Maka dari itu jangan sampai kita menjadi bagian dari mereka. Hanya seorang pecundang yang beraninya nyinyir, kalau di depan jadi merinding.

2 komentar:

  1. Woow..mantap
    Apakah saya seorang toxic people?
    Jadi refleksi atas langkah yg pernah dijalani terutama dlm kehidupan di lingkungan keluarga, rumah dan tempat lain
    Tulisannya inspiratif

    BalasHapus

Ulasan Cerpen Cerita Remaja

ULASAN CERPEN Titik Buta karya Mgal Orientasi Cerpen yang berjudul Titik Buta ini adalah sebuah karya dari MGal dan berhasil tembus...