Pengikut

Rabu, 09 Oktober 2019

Manfaat Minum Air Hangat

Mulai sekarang biasakanlah memperbanyak minum air hangat supaya tubuh jadi sehat!!

Tidak sengaja mendengar nasehat dokter saat konsultasi di klinik terdekat, aku jadi terinspirasi membuat tulisan mengenai kesehatan. Saat itu aku akan periksa gigi dan di sebelah tempat duduk ada bapak-bapak sedang ngobrol bersama seorang dokter. Tanpa bermaksud untuk menguping pembicaraan mereka, telingaku malah menangkap segelintir kalimat yang diucapkan oleh si dokter.

"Jangan lupa perbanyak minum air hangat ya pak! Biar ginjalnya tetap stabil."

Aku tidak tahu bapak itu punya penyakit atau gangguan seperti apa, yang jelas dari sana aku mendapat ilmu bahwa kebiasaan minum air hangat ternyata memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Selain nyaman di tenggorokan, minum air hangat bisa menjaga ginjal bahkan  sampai membantu fungsi pernapasan loh.

Cause I wonder about warm water benefit, finally I'm doing something to research on social media mengenai kelebihan dan kekurangan minum air hangat. Dan faktanya sungguh mengejutkan!

"Dokter merekomendasikan untuk minum air hangat di pagi hari. Biasanya dengan perendaman lemon yang kaya polifenol atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh." Stella Metsovas, ahli gizi klinis dan pakar kesehatan media di Food and Nutrition Sciences, dikutip dari Medical Daily.

Besides that, minum air hangat juga berfungsi untuk menurunkan berat badan - skinnyms.com

Air adalah sumber kehidupan. Semua makhluk hidup butuh air, mulai dari tanaman, hewan bahkan kita sebagai manusia bukan hanya makan atau masak yang membutuhkan air. Kita mandi juga memerlukan air.

Apa yang bakal terjadi kalau hidup tanpa air? Mungkin kita mati. Atau tidak akan ada kehidupan sama sekali di dunia ini.

Meski secara umum menyehatkan, minum air juga ada aturannya dan tidak boleh sembarangan. Jika kita minum terlalu banyak air, itu bisa membebani ginjal. Jika jumlah airnya sangat besar, ginjal memerlukan lebih banyak beban untuk disaring.

Inilah manfaat minum air hangat yang dapat ditangkap.

1. Sehat untuk ginjal

Setiap air hangat yang kita minum akan menjaga kestabilan fungsi ginjal. Berbeda lagi bila kita meminum air dingin, air dingin yang masuk tubuh akan direspon oleh ginjal untuk mengeluarkan energi sekitar 37% agar air dingin tersebut dapat diterima dan disaring oleh kapsula bowman. Nah, agar ginjal tidak terus menerus mengeluarkan energi dan merusak kegunaannya, maka alangkah baiknya jika kita sering mengonsumsi sesuatu yang selain menyehatkan, juga dapat tetap menjaga kestabilan fungsinya.

2. Memperlancar pencernaan

Idealnya, manusia harus minum air sebanyak delapan gelas per hari. Hal ini dipicu karena pengeluaran cairan dari tubuh sebanyak 1,5 liter perhari sehingga 2 liter air yang diminum setiap hari akan menggantikan cairan yang keluar. Hal itu juga dapat memperlancar proses pencernaan dan mengontrol pergerakan usus hingga mencegah terjadinya sembelit.

FYI : sebesar 60% bagian tubuh kita merupakan cairan.

3. Menurunkan berat badan

Baik air putih biasa atau air hangat semua memiliki fungsi sama untuk meringankan beban tubuh. Karena esensi utamanya, meminum air sesuai standar takaran itu akan memperlancar metabolisme tubuh. Bukan berarti jika ingin melakukan diet dalam sehari kita hanya meminum air saja. Setiap diet punya aturan mainnya, sehingga manfaatkanlah air untuk kesehatan tubuh kita.


Udah mirip sama pakar kesehatan enggak?πŸ˜…

So, do it yourself.

16 komentar:

  1. Miriiiip, cocok jadi pakar kesehatan, Siti. 😍😍😍

    BalasHapus
  2. kalo aku sukanya minum aer dingin di kulkas. apa efeknya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gatau juga, aku juga sebenrnya suka minum es hehe

      Hapus
  3. Aku sukanya tambah susu atau kopi ka😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Top markotop jadinya kopi susu ya kak yul?πŸ˜‚

      Hapus
  4. Sekarang aku suka minum air putih, tapi pas sd cuma mau minum teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya teh juga ngandung zat nikotin, tp gatau deng

      Hapus
  5. Wah terima kasih ilmunya ❤😊

    BalasHapus
  6. Minum air hangat setelah bangun tidur pagi katanya mebuat awet muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik dong, aku mau lah kalo gitu biar agak awet hehe

      Hapus
  7. Wah gk rekom buat sya ya, nanti program gemukq gagal haha

    BalasHapus
  8. Minum air putih hangat adalah andalan sejak dulu kala...mau sepanas apa cuaca minumnya tetap yang hangat saja

    BalasHapus

Ulasan Cerpen Cerita Remaja

ULASAN CERPEN Titik Buta karya Mgal Orientasi Cerpen yang berjudul Titik Buta ini adalah sebuah karya dari MGal dan berhasil tembus...