Pengikut

Jumat, 20 September 2019

Perbedaan Fiksi dan Nonfiksi

Kalian jelas sudah tahu apa itu fiksi dan nonfiksi. Hal tersebut sudah lumrah dalam lidah kajian Bahasa Indonesia, baik bagi kalangan tua ataupun anak-anak muda seakan hafal di luar kepala.

Fiksi yang selalu bergandeng imajinasi dan nonfiksi yang berteman opini ini sangat erat di kehidupan kita sehari-hari. Dan untuk kali ini biarkan aku membahas teori tentang fiksi dan nonfiksi.

Jadi, langsung ke inti bahwa seperti yang diterangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa Fiksi itu adalah cerita rekaan atau imajinasi si penulis yang dituangkan ke dalam isi tulisannya. Sedangkan Nonfiksi sendiri berarti tulisan yang berisi sesuai pada fakta atau kenyataan serta opini.

Nah, untuk aku sendiri aku lebih menyukai menulis fiksi daripada nonfiksi, karena bagiku fiksi itu tempat aku menuangkan seisi hati tanpa harus bolak-balik ke sana ke mari mencari data dan opini dari berbagai media informasi. Aku orangnya senang berimajinasi, tentu karena dialah penyebab aku begini. Menulis fiksi bisa membuatku jadi diri sendiri, menikmati paras rupawan dengan mendeskripsikan sosok orang yang kukagumi sebagai objek untuk diberi atensi lebih baik lagi.

Tapi tunggu dulu!! Menulis fiksi memang seru, namun bukan berarti nonfiksi tidak menarik untuk dikaji dan membuat kita jemu. Bahkan aku pernah  tahu bahwa menulis nonfiksi itu banyak tantangan yang tak kalah membangkitkan jiwa yang memburu. Kita senantiasa mengumpul data, opini, fakta yang ada untuk sebuah berita yang patut dibaca oleh semua orang di dunia.

Dengan merajalelanya media elektronik di zaman sekarang, maka tak asing lagi jika kita bertemu dengan beberapa bacaan yang mengandung fakta atau karangan belaka. Supaya tidak bingung membedakan antara fiksi dan nonfiksi maka aku kasih tahu beberapa contoh di bawah ini.

Contoh cerita fiksi :
1. Novel
2. Roman
3. Cerpen
4. Puisi
Dsb..

Contoh cerita nonfiksi :
1. Berita
2. Makalah
3. Biografi
4. Laporan
Dsb..

Dari sana kita semua dapat menyimpulkan bahwa tulisan fiksi maupun nonfiksi dapat memberika sebuah pelajaran kepada para pembacanya baik secara tersirat mapun tersirat, karena setiap bacaan itu mengandung banyak makna dan pelajaran yang dapat kita ambil sebanyak-banyaknya.

7 komentar:

  1. bener banget si dia bisa jadi inspirasi nulis fiksi. buktinya aku udah nulis satu cerita lengkap berdasarkan rasa itu. ya walaupun tidak sepenuhnya sama dong karena penuh imajinasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Auto kepoin blog nya🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Wah keren ya, ternyata peran si dia begitu besar bagi hidup kita

      Hapus
  2. Dia, selalu tentang dia.. dia yang berhasil menuntun pena tuk merangkai aksara menjadi begitu bermakna... Ah! dia 💐

    BalasHapus
  3. Tiap tim ada lebih dan kurangnya...aku tim mana ya?

    BalasHapus
  4. Suka fiksi, tapi harus latihan cinta nonfiksi. Huhuhu.

    BalasHapus

Ulasan Cerpen Cerita Remaja

ULASAN CERPEN Titik Buta karya Mgal Orientasi Cerpen yang berjudul Titik Buta ini adalah sebuah karya dari MGal dan berhasil tembus...