Pengikut

Sabtu, 21 September 2019

Kalimat Pencapai Impian

Coba kalian lafalkan kalimat ini minimal 1X sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan. Dijamin semua impianmu pasti mudah dan ringan untuk dicapai.


لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ


Artinya, “Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

Ucapkan kalimat tersebut saat kamu benar-benar ragu dalam melakukan sesuatu, niscaya Allah akan senantiasa memberikanmu kemampuan atas keraguan yang kamu dapatkan. Dengan itu pula kamu termasuk orang yang maju dan beruntung.

Dikutip dari vlog Wirda Mansur, dia menerangkan bahwa kalimat hauqalah atau "Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi" bukanlah kalimat bumi melainkan kalimat langit. Bukan pula kalimat sembarang, karena apa? Karena ada unsur hebat yang terkandung dalam kalimat tersebut.

Masha allah.

Subhanallah.


Tiada hentinya makhluk Allah bersujud dan berdzikir atas kuasa-Nya. Saking dahsyat makna kalimat tersebut, maka semua orang yang melafalkannya pasti dimudahkan dalam segala urusan, terhindar dari berbagai masalah, karena makhluk tersebut sudah memutuskan untuk pasrah terhadap rencana yang Allah berikan nanti.

Pasrah di sini bukan berarti kita tidak boleh berusaha, namun usaha kita tersebut kita kembalikan lagi kepada yang Maha Kuasa. Sejatinya manusia kan memang tidak bisa berbuat apa-apa tanpa pertolongan dari Allah. Ya, jadi dengan ini kita meminta pertolongan dari Allah, meminta kemampuan maka Inshaallah atas izin-Nya kita dibuat mampu atau dipermudah jalannya.

Syekh M Nawawi Al-Bantani menyebutkan sejumlah keutamaan lafal Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi. Ia mengutip hadits riwayat Ibnu Abid Dunya perihal orang yang melazimkan pembacaan hauqalah itu.


ومن خواصها ما في فوائد الشرجي قال ابن أبي الدنيا بسنده إلى النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من قال كل يوم لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم مئة مرة لم يصبه فقر أبدا اهـ


Artinya, “Salah satu keistimewaan lafal hauqalah ini adalah apa yang disebutkan di dalam Fawaidus Syarji, yaitu hadits riwayat Ibnu Abid Dunya dengan sanad tersambung hingga Rasulullah SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang membaca Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi setiap hari sebanyak 100 kali, maka ia selamanya takkan ditimpa oleh kefakiran,’” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 5).


Syekh M Nawawi Banten juga mengutip hadits yang menjelaskan keutamaan lafal Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi. Menurutnya, hauqalah merupakan lafal yang baik dibaca ketika seseorang tengah dirundung kesulitan dan kebuntuan.


وروي في الخبر أيضا إذا نزل بالإنسان مهم وتلا لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ثلا ثمائة فرج الله عنه أي أقلها ذلك ذكره شيخنا يوسف في حاشيته على المعراج


Artinya, “Diriwayatkan di dalam hadits juga bahwa bila kebimbangan hinggap di hati seseorang lalu ia membaca Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi sebanyak 300 kali, niscaya Allah membukakan jalan keluar baginya, maksudnya Allah mengurangi beban kesulitannya. Hal ini disebutkan oleh guru kami, Syekh Yusuf dalam hasyiyah Mi’raj-nya,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 5).


Lafal hauqalah ini merupakan bacaan baik atau kalimah thayyibah. Bagi siapapun orang yang tengah galau menentukan pilihan, dengan membaca kalimat tersebut kita berharap Allah membuka jalan keluar atas kebuntuan masalah yang tengah kita hadapi.

Saya dapatkan sebagian hadis ini dari beberapa sumber di internet.


Terima kasih.

9 komentar:

  1. MasyaAlloh...

    Betul, Kak.. tiada daya dan upaya, melainkan atas kehendakNYA..

    *Nemu typo satu, Kak.
    Allab -> Allah 🙏

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah saling mengingatkan.

    BalasHapus
  3. Sangat sepakat. Tetaplah saling berbagi dan mengingatkan.

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah, jazakillahu khoir 🙏

    BalasHapus
  5. Maa syaa-Allah Tabarakallah, memang kita harus saling mengingatkan untuk kebaikan...thanks

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah dapat ilmu baru. Arigato

    BalasHapus

Ulasan Cerpen Cerita Remaja

ULASAN CERPEN Titik Buta karya Mgal Orientasi Cerpen yang berjudul Titik Buta ini adalah sebuah karya dari MGal dan berhasil tembus...