Pengikut

Kamis, 14 November 2019

ULASAN CERPEN Kamar Mandi Mertua karya Mabruroh Qosim


Kamar Mandi Mertua karya Mabruroh Qosim

Edisi 3/I/Mei 2019
Oleh : Mabruroh Qosim

Orientasi
Cerpen Kamar Mandi Mertua adalah sebuah karya dari tangan kreatif  Mabruroh Qosim. Cerpen ini merupakan cerpen yang telah diposting oleh ngodop.com atau bisa dilihat langsung dengan klik link berikut ini http://www.ngodop.com/art/17/Kamar-Mandi-Mertua Karya ini banyak diapresiasi para pembaca karena kemutakhiran Mabruroh Qosim dalam merangkai kata. Karya tulis ini dibangun untuk menyadarkan kita pada kehidupan nyata di akhir zaman ini. Cerpen ini bercerita tentang sebuah pengkhianatan suami kepada istri serta problematika rumah tangga.

Tafsiran
Penulis mengawali cerita dengan perkenalan tokoh  Sari dan penulis juga menuangkan ide cerita menggunakan kata-kata yang luar biasa untuk memperdalam karakter Sari dengan latar kamar mandi. Selanjutnya di paragraf tiga penulis mulai menuangkan konflik awal, di mana kelakuan saat Sari berulah membuang bayi di kebun mertua tokoh aku serta digabung bersama rasa penasaran  tokoh aku sebagai pelaku utama menjadi daya tarik bagi pembaca.

Paragraf seterusnya konflik awal terus dikembangkan. Beberapa tokoh penting pun dimunculkan secara perlahan.  Seperti ibu mertua, Marbun sang suami dan Maryani, nama pelaku utama.  Sesuai judul pula, topik cerita tetap mengangkat latar kamar mandi sebagai bahan utama dalam bacaan.

Klimaks dari konflik awal pun terjadi juga. Saat tokoh aku mengadu pada ibu mertua tentang alasan kenapa bayi itu dibuang serta sangkut pautnya dengan Marbun dan juga Sari. Akhir cerita telah sampai, penulis menyajikan pesan bahwa sedalam apapun menyembunyikan bangkai pasti akan tercium juga. Nah, peribahasa tersebut berlaku pada cerpen ini. Sedalam apapun kebohongan disembunyikan, pasti ujungnya terungkap jua.

Evaluasi
Cerita pendek ini disajikan dalam bentuk kata sederhana, tapi tetap tidak menghilangkan makna cerita. Mudah dimengerti dan pembaca akan seolah terhanyut dalam suasana tersebut apabila dibaca dengan tertata dan seksama. Cerpen ini efektif membimbing kehidupan berumah tangga sehingga sangat disarankan bagi kaum pemula dalam berumah tangga.
Pada cerpen ini penulis menulis beberapa nasihat tersirat yang apabila pembaca mengerti maksud cerpen ini, maka para pembaca akan tersihir dengan kemolekannya.
Dalam cerpen ini pula penulis menyajikan sebuah pernikahan yang apabila tidak didasari cinta lebih baik tidak jadi menikahdaripada nanti akan terjadi pengkhianatan yang mendalam dan menyakitkan.

Rangkuman
Cerpen ini memberikan gambaran bahwa berumah tangga bukanlah kesenangan semata.  Cerpen ini menjadi pengingat bahwa berumah tangga haruslah didasari cinta dan taqwa agar senantiasa tetap dalam jalan yang lurus. Cerpen ini cocok untuk orang-orang yang terlena pada nafsu dunia dan bisa menjadikan motivasi untuk kembali melakukan perenungan mengenai makna hidup berumah tangga yang sebenarnya.



3 komentar:

Ulasan Cerpen Cerita Remaja

ULASAN CERPEN Titik Buta karya Mgal Orientasi Cerpen yang berjudul Titik Buta ini adalah sebuah karya dari MGal dan berhasil tembus...